SOAL TKB UNTUK GURU
5-12-2018, 09:06
KUNCI JAWABAN
1) Kemampuan
bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak,
dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan
anak pada tahap ...
A. Tahap
sensorimotorik
B. Tahap
praoperasional
C. Tahap
operasional konkrit
D. Tahap
operasional konkrit
2) Seorang anak
dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng,
orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario
drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik
atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai
kecerdasan ...
A. Kecerdasan
Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan
Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan
Ruang (spatial)
D. Kecerdasan
Gerak Tubuh
3) Untuk
mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan
materi pelajaran
B. refleksi
C. latar
belakang peserta didik
D. tes awal
(pre-test)
4) Dalam
mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode
criterion
referenced. Yang
bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan
angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan
prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara
teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat
diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis
kemampuan peserta didik
D. Menghimpun
siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang
mengalami gejala terparah (yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan
belajar lainnya)
5) Dalam
kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran
yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan
Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan
berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan
strategi pembelajaran
D. Hanya
menggunakan teknik pembelajaran
6) Salah satu
unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi
dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman
dan
Logan (Abin
Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari
unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan
spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku
dan pribadi peserta didik.
B.
Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling
efektif.
C.
Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik
pembelajaran.
D. Menetapkan
norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku
keberhasilan
7) Yang
ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun
inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan
sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran
didominasi arahan dari guru
D. proses
penyampaian materi secara verbal
8) Pada
Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan
kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi
ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar
kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan
internal dan Eksternal
B.
Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum
2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu….
A. kurikulum
harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk, dapat
mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi
nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki
oleh siswa
C. Pembelajaran
yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan
Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced)
dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10) Pengembangan
kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku (
stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia
kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum
:
A. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh
dan berkesinambungan
D. Beragam dan
terpadu
11) Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi
sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan
berakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan
menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum
……….
A. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh
dan berkesinambungan
D. Beragam dan
terpadu
12) Upaya guru
dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal
adalah dengan cara ……..
A. Guru
memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru
menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran
berlangsung
C. Guru
mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa
dalam belajar
D. Guru
menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13) Upaya
merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan
tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
14) Yang di
maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang
di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan
hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses
interaksi antara peserta didik dan pendidik
15) Bentuk
penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan
yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik
melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta
didik. Adapun instrumen yang digunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala
penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup
penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi
spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi
inti, kompetensi dasar
C. kompetensi
sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi
pengetahuan.
D. kompetensi
sikap sosial
18) Aspek yang
di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman
konsep
B. Menggunakan
grafik
C. melakukan
prosedur
D. pemecahan
masalah dan sikap
19) Konsep
menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk
menyelidiki,
mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery
learning
B. Induktif
learning
C. Inquiry
learning
D. Cooperatif
learning
20) Guru
memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok
. Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga
jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak
dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas
kelompok
B. Diskusi
kelompok kecil
C. Pengajaran
langsung (direct teaching)
D. belajar
kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi
informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di
gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi
sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi
sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi
sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi
sebagai alat pengembangan produk
22) Bu Ani
mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung
yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa.
Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat
hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar
kelas menunjukkansiswa memiliki kecenderungan
gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual
(pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual
(pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif
(pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif
Visual dan kinestetik
23) Upaya
membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya
guru:
A. memberi
contoh penting toleransi
B. mendiskusikan
bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih
bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa
membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24) Upaya guru
menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan
kreteria keberhasilan belajar
B.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak
kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan
pengajaran remidi
25) Kegemaran
anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat
para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak
berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa
siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan
cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir
terikat
D. gaya berfikir
bebas
27) Hal yang
mengandung makna Pancasila sebagai kaidah
dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan
adil
B. mengikat dan
memaksa
C. sementara dan
selamanya
D. sebenarnya
dan sejujunya
28) Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29) Jika roda
pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua
akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30) Serangkaian
kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A.
Pengukuran
B.
Evaluaasi
C.
Penilaian
D.
Penilaian
31) Proses
mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh
disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan
kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Dalam
kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran
berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A.
Metode pembelajaran
B.
Pendekatan pembelajaran
C.
Strategi pembelajaran
D.
Gaya pembelajaran
34) Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar
mengajar, (2)
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus
memperhatikan
perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan
partisipatif,
kecuali....
A. Meningkatkan
proses belajar mengajar
B. Menggunakan
rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup
proses refleksi
D. Menggunakan
metodelogi terbaru
35) Pada suatu
hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda
belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran,
saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah
siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan
tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi.
Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas,
bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36) Seorang bayi
mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika
diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan
kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat
badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi
pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang
saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya
secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan
bahasa
B. Pemerolehan
isyarat anak
C. Pemecahan
bahasa anak
D. Karakteristik
anak
37) Penggunaan
huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden
jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave
Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone
sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia
Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa
Indonesia yang
sedang berlaku.
Penggunaan huruf
miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul
buku
B. Menjelaskan
atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan
kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan
nama majalah
39) Masyarakat
Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan
sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah
Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai
lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat
pemersatu bangsa
C. Sebagai alat
perhubungan
D. Sebagai
lambang identitas nasional
40) Untuk
menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah
Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat
perhubungan tingkat nasional
B. Alat
pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang
digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa
pengantar di lembaga pendidikan
41) Model
pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry
Learning
B. Model
Discovery Learning
C. Model Problem
Based Learning
D. Model Project
Based Learning
42) Teman-teman,
pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai
bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset
dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman
tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat
banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di
atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43) Peggunaan
tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
A. Kita sekarang
memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita,
sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang
memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang
memerlukan meja kursi dan lemari ?
44) Menyimak
sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak
sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak
sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca
sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak
sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45) Dalam
pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan
kecuali
............
A. Metode Kupas
rangkai suku kata
B. Metode kata
lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46) Berikut
diberikan studi kasus :
Mula – mula
diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata
yang
mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku
katanya dan
akhirnya atas
huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf
itu kita sintetiskan kembali
menjadi suku
kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi
kasus metode
membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........
A. Metode
Alfabet
B. Metode Suku
Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47)
Memilihberbagai metode menulis permulaan
1).
Menulis permulaan
2).
Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3).
Merangkaikan suku kata menjadi kata
4).
Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan
diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48) Merancang
berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah
kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis
tentang berbagai topik
B. Menulis
pengumuman
C. Menulis
pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan
mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah
dan
skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan
pikiran siswa
dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita
berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna
batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan
menyilaukan
mata.
2) Ayah memiliki
batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini
sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
4) Tidak salah
jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan
kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1 – 4
– 2
– 3
B. 1 – 3
– 2
– 4
C. 2 – 1
– 3
– 4
D. 2 – 3
– 4
– 1
51) Hakekat
karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra
Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa,
sajak
B. Puisi,
pantun, drama
C. Puisi, prosa,
drama
D. Puisi, drama,
sajak
53) Pagiku
hilang sudah melayang
Hari mudaku
sudah pergi
Sekarang petang
datang membayang
( ... )
Larik bermajas
yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku
sudah tinggi
B. Aku telah
menjelang ajal
C. Aku lalai di
hari pagi
D. Akhh, untuk
apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung
berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka adalah burung Merak, Burung
Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja. Burung Merak, Burung
Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja.
Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memamerkan suaranya yang
indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang
memamerkan kegagahannya.
Burung
Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah.
Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang
ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung
Gereja menghibur anaknya. Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia
ingin sekali menemui temantemannya. Tetapi tidak satupun temannya yang
terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja
melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam
perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak,
Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali
kesombongannya.
Amanat yang
dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak
boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tidak
boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan
ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus
membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan
cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian
bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari
jawaban ulangan kalian
tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu? (
lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian
tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak
mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru
dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. A
7. B
8. A
9. C
10. C
11. D
12. B
13. C
14. A
15. C
16. A
17. C
18. D
19. C
20. A
21. D
22. D
23. B
24. D
25. C
26. A
27. B
28. D
29. A
30. B
31. A
32. A
33. C
34. D
35. B
36. A
37. C
38. B
39. C
40. D
41. A
42. C
43. C
44. B
45. D
46. B
47. C
48. C
49. D
50. C
51. A
52. C
53. A
54. A
55. B
Hak cipta (c)https://derismanaddres.blogspot.com
Comments
Post a Comment