KI KD SDLB Bahasa Indonesia Tunagrahita
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SDLB
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TUNAGRAHITA
KURIKULUM 2013
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktifserta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KELAS I
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh dan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Menirukan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh dan pancaindra dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks arahan/petunjuk sederhana tentang perawatan tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
| |
3.3 Mengenal teks cerita diri/personal sederhana tentang keberadaan keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Menyampaikan teks cerita diri/personal sederhana tentang keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
KELAS II
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal teks deskriptif sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Menirukan teks deskriptif sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.2 Mempraktikkan teks petunjuk sederhana tentang pemeliharaan kesehatan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.3 Mengenal teks terima kasih sederhana tentang sikap kasih sayang dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Menyampaikan teks terima kasih sederhana mengenai sikap kasih sayang dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
KELAS III
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal teks deskriptif sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Menirukan teks deskriptif sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan sederhana tentang kebugaran tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.2 Mempraktikkan teks petunjuk /arahansederhana tentang kebugaran tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.3 Mengenal teks diagram sederhana tentang anggota keluarga dan kerabat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Membuat teks diagram sederhana tentang anggota keluarga dan kerabat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
KELAS IV
KOMPETENSIDASAR
|
KOMPETENSIDASAR
|
3.1 Mengenal teks buku harian sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Mengungkapkan isi teks buku harian sederhana tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.2 Memeragakan isi teks cerita narasisederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.3 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Mengungkapkan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
KELAS V
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang hewan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Mengungkapkan isi teks laporan sederhana tentang hewan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.2 Menguraikan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekolah dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.3 Mengenal teks lirik puisi sederhanatentang alam semesta dan penampakannya dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Mengenal teks lirik puisi sederhana tentang alam semesta dan penampakannya dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
KELAS VI
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal teks ungkapan permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.1 Menyajikan teks ungkapan permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan masyarakat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.2 Menyajikan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan masyarakat dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah
|
3.3 Mengenal teks laporan sederhana tentang tumbuhan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
4.3 Menyajikan teks laporan sederhana tentang tumbuhan dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah
|
Comments
Post a Comment