KI KD SDLB Matematika Tunagrahita
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SDLB
Mata Pelajaran Matematika Tunagrahita
Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI
Kelas I – VI
1. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/ tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kelas II
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
4.1 Membilang bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
3.2 Mengenal lambang bilangan sampai 10 dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
|
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai 10 dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
|
3.3 Mengenal bangun datar (persegi dan persegi panjang) menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.3 Mengelompokkan bangun datar (persegi dan persegi panjang) yang sejenis
|
3.4 Memahami perbedaan besar dan kecil benda
|
4.4 Mengurutkan benda dari kecil ke besaratau sebaliknya
|
Kelas II
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 20 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
4.1 Membilang bilangan asli sampai 20 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
3.2 Mengenal konsep penjumlahan bilangan asli yang hasilnya maksimal 10 melalui eksplorasi menggunakan benda kongkrit.
|
4.2 Menghitung operasi penjumlahan bilangan asli dengan hasil maksimal 10 melalui eksplorasi menggunakan benda kongkrit
|
3.3 Mengenal bangun datar segitiga menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.3 Membuat bangun datar (segitiga) melalui bimbingan dengan media sederhana
|
3.4 Memahami perbedaan tinggi - rendahbenda dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya.
|
4.4 Mengurutkan benda dari tinggi ke rendah atau sebaliknya
|
Kelas III
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
4.1 Membilang bilangan asli sampai 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
3.2 Mengenal operasi pengurangan pada bilangan asli dengan bilangan yang dikurangi maksimal 20 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
4.2 Menghitung operasi pengurangan pada bilangan asli dengan bilangan yang dikurangi maksimal 20 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
3.3 Memahami perbedaan banyak –sedikit benda dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya.
|
4.3 Mengurutkan benda dari banyak ke sedikit atau sebaliknya
|
3.4 Mengenal bangun datar (lingkaran) menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.4 Membuat bangun datar lingkaran
|
3.5 Mengenal konsep waktu ( pagi, siang, malam)
|
4.5 Mengelompokkan gambar aktvitas manusia berdasarkan waktu (pagi, siang, malam)
|
3.6 Mengenal pecahan mata uang rupiah ( Rp500 s.d. Rp2.000 )
|
4.6 Menuliskan nilai tukar pecahan mata uang (Rp500 s.d. Rp2.000)
|
Kelas IV
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 60 dengan menggunakan alat peraga sederhana (kubus satuan atau kelereng)
|
4.1 Menulis bilangan asli sampai 60 dengan menggunakan alat peraga sederhana (kubus satuan atau kelereng)
|
3.2 Mengenal operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 30 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
4.2 Menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 30 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
3.3 Mengenal bangun datar segi lima dan segi enam beraturan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
4.3 Membuat bangun datar segi lima dan segi enam beraturan
|
3.4 Memahami perbedaan berat – ringan benda dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya.
|
4.4 Mengurutkan benda dari berat ke ringan atau sebaliknya.
|
3.5 Mengenal konsep waktu (hari, tanggal, dan bulan)
|
4.5 Menuliskan nama hari, tanggal, dan bulan.
|
3.6 Mengenal pecahan mata uang rupian (Rp500 s.d. Rp10.000)
|
4.6 Menuliskan nilai tukar antar pecahan uang (Rp500 s.d. Rp10.000
|
Kelas V
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli dan lambangnya sampai 80
|
4.1 Menuliskan lambang bilangan sampai 80
|
3.2 Mengenal operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 40 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
4.2 Menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 40 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
3.3 Mengenal pecahan mata uang rupiah (Rp500 s.d. Rp20.000)
|
4.3 Menuliskan nilai tukar antar pecahan uang (Rp500 s.d. Rp20.000)
|
3.4 Mengenal waktu jam (pukul dalam bulat) dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
|
4.4 Menuliskan waktu jam dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
|
3.5 Mengenal satuan panjang, dengan satuan baku (centimeter dan meter) maupun satuan tidak baku (jengkal) serta menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
|
4.5 Menghitung panjang benda dengan satuan tidak baku (jengkal) dan satuan baku ( cm dan m )
|
3.6 Mengenal konsep pengumpulan data sederhana
|
4.6 Menuliskan suatu kumpulan data berdasarkan karakteristik tertentu (jenis kelamin, warna, bentuk, dll)
|
Kelas VI
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 100
|
4.1 Menuliskan lambang bilangan sampai 100
|
3.2 Mengenal operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 50 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
4.2 Menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli maksimal 50 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
3.3 Mengenal konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan bilangan sampai 10
|
4.3 Melakukan perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan bilangan sampai 10
|
3.4 Mengenal pecahan mata uang rupiah ( Rp500 s.d. Rp50.000)
|
4.4 Menuliskan nilai tukar antar pecahan mata uang (Rp500 s.d. Rp50.000)
|
3.5 Mengenal satuan waktu ( jam dan menit)
|
4.5 Menuliskan lamanya waktu suatu kegiatan dalam satuan jam dan menit
|
3.6 Mengenal penyajian data dalam bentuk tabel sederhana.
|
4.6 Menyajikan data dalam bentuk tabel sederhan
|
Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016
Comments
Post a Comment