KI KD SDLB PPKn Tunagrahita
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SDLB
MATA PELAJARAN PPKn TUNAGRAHITA
KURIKULUM 2013
KOMPETENSI INTI
KELAS I – VI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyaji pengetahuan factual dalam bahasa (lisan/ tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KELAS I
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Bersikap positif simbol sila-sila Pancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila
|
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.2 Membiasakan mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.3 Menerima keberagaman individu di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Memiliki sikap peduli terhadap keberagaman individu di rumah
|
3.1Mengingat simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
4.1 Menceritakan simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.2 Mengingat aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2 Melakukan kegiatan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.3 Mengingat keberagaman individu di rumah
|
4.3 Membuat karya kreatif sebagai cerminankeberagaman individu di rumah
|
KELAS II
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima arti simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Bersikap peduli terhadap teman sebagai perwujudan dari sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
1.2 Menerima dengan jujur tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
|
2.2 Memiliki perilaku tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
|
1.3 Menerima dengan tulus arti keberagaman individu di sekolah
|
2.3 Menunjukkan sikap peduli, santun, jujur dalam berinteraksi dengan individu yang beragam di sekolah
|
3.1 Memahami arti simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
4.1 Menyaji cara berperilaku sesuai sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.2 Memahami tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
|
4.2 Mempraktekkan berperilaku mentaati aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
|
3.3 Memahami arti keberagaman individu di sekolah
|
4.3 Membuat karya kreatif sebagai yang mencerminkan keberagaman individu di sekolah
|
KELAS III
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima makna sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Bersikap peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan gurusebagai perwujudan dari sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
|
1.2 Menerima makna hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan wargasekolah dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban sebagaianggota keluarga dan warga sekolahdalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah sebagai makhluk Tuhan Yang MahaEsa
|
1.3 Menerima dengan tulus makna keberagaman individu di masyarakat
|
2.3 Memiliki perilaku santun sdebagai cermin dari makna keberagaman individu di masyarakat
|
3.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
4.1 Menyaji cara berperilaku sesuai makna simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.2 MengingatMemahami hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
|
4.2 Mempraktikkan cara berperilaku sesuai hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3 Memahami makna keberagaman individu di masyarakat
|
4.3 Membuat proyek tentang keberagaman individu di masyarakat
|
KELAS IV
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima keterkaitan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 Bersikap peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, , guru dan tetangganya sebagai perwujudan dari makna sila-sila Pancasila secara utuh dalam kehidupan sehari-hari
|
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
2.2 Menunjukan sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara dilingkungan sekolah
|
1.3 Menerima secara adil keberagaman umat beragama dimasyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
2.3 Membiasakan berperilaku peduli terhadap keberagaman umat beragama dimasyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.1 Memahami keterkaitan simbol dengan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyaji contoh perilaku yang keterkaitan dengan simbol dengan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dilingkungan sekolah
|
4.2 Menyaji contoh perilaku sesuai hak dan kewajiban sebagai warga negara dilingkungan sekolah
|
3.3 Memahami keberagaman umat beragama di indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.3 Mempraktikkan perilaku menghargaikeberagaman umat beragama di indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
KELAS V
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 Membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandungdalam sila sila Pancasila dalamkehidupan sehari-hari
|
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
2.2 Menunjukkan sikap bertanggungjawab terhadap hak, kewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.3 Menerima secara adil keberagamansosial-budaya masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
2.3 Menunjukkan sikap peduli keberagamansocial budaya di masyarakat dalambingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.1 Memahami nilai-nilai yang terkandung dalam silasila Pancasila
|
4.1 Menyaji contoh perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-silaPancasila
|
3.2 Memahami hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat
|
3.1 Menyaji contoh perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat
|
3.3 Memahami keberagaman sosial-budaya di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.2 Membuat karya kreatif yang mencerminkan keberagaman sosial-budaya dimasyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
KELAS VI
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menerima nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 Membiasakan bersikap sesuai dengan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
1.2 Menerima makna tanggungjawab sebagai warga masyarakat
|
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai warga masyarakat
|
1.3 Menerima pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin danpentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
|
3.1 Menerapkan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Meyaji contoh perilaku sesuai nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2 Memahami makna tanggungjawab sebagai warga masyarakat
|
4.2 Membuat karya estetis sebagai wujud tanggungjawab sebagai warga masyarakat
|
3.3 Menerapkan pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
|
4.3 Membuat proyek tentang pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan sekolah
|
Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016
Comments
Post a Comment