KI KD SDLB IPA Tunagrahita

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SDLB

MATA PELAJARAN IPA TUNAGRAHITA

KURIKULUM 2013

KOMPETENSI INTI

 1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.  Menunjukkan perilaku jujur,  disiplin, tanggung jawab  santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya

3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan    menanya berdasarkan     rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

  


Kelas IV

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1  Mengenal anatomi luar hewan dan bagiantumbuhan di sekitar rumahdan sekolah melalui pengamatan
4.1 Menyusun gambar anatomi luar  hewan  dan bagian tumbuhan di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran).
4.2 Mengurutkan gambar perubahan pertumbuhan pada hewan.
3.3 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan.
4.3 Mengurutkan gambar perubahan pertumbuhan pada tumbuhan.

KELAS V


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1   Mengenal tempat hidup hewan dan tumbuhan.

4.1   Mengelompokan gambar hewan dan   tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya.
3.2   Mengidentifikasi  hewan dan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
4.2   Mengelompokan gambar hewan dan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
3.3   Mengidentifikasi hewan dan tumbuhan yang merugikan bagi manusia.
4.3   Mengelompokan gambar hewan dan tumbuhan yang merugikan bagi manusia.
3.4   Mengenal  ciri–ciri  benda padat, cair, dan gas yang ada di lingkungan sekitar
4.4   Membuat daftar benda padat, cair, dan gas.


KELAS VI


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Mengidentifikasi  ciri–ciri  benda padat, cair, dan gas yang ada di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan (lisan /tulisan /  
      gambar) ciri-ciri benda padat, cair,
      dan gas
3.2     Mengenal perubahan wujud benda (membeku dan mencair)

4.2 Melakukan percobaan sederhana
      perubahan  wujud benda (membeku  
      dan mencair).
3.3     Mengenal musim di Indonesia.

4.3 Menuliskan tanda-tanda musim  
      hujan dan kemarau



Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT TULISAN PUTUS UNTUK LATIHAN MENULIS ANAK TK

Sejarah Singkat PKKI

Setiap tanggal 17, Seragam ASN adalah Korpri